Selasa, 12 Januari 2021

RPP

 RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan     : SMA

Mata Pelajaran      : Biologi 

Kelas /Semester           : XI /Ganjil

Materi Pokok              : Sistem Pencernaan Pada Manusia 

Alokasi waktu             : 2 x 45 menit (1x pertemuan)


KI 1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar

Indikator

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia

       3.7.1 Menjelaskan jenis-jenis zat makanan

3.7.2 Menjelaskan fungsi jenis-jenis zat makanan

3.7.3 Mengelompokkan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein   berdasarkan hasil uji kandungan makanan.

3.7.4 Menganalisis berbagai macam makanan menjadi menu sehat sesuai kebutuhan manusia dalam berbagai kondisi

4.7 Menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan makanan pangan dan keamanan pangan

4.7.1 Melakukan uji makanan terhadap berbagai macam makanan

4.7.2 Membuat laporan hasil praktikum uji makanan

4.7.3 Menyusun menu sehat sesuai kebutuhan manusia (balita, anak- anak, usia produktif, lansia, bapak hamil) dalam bentuk daftar menu makanan.



Tujuan Pembelajaran

    Melalui kegiatan pembelajaran secara daring yang menggunakan pendekatan STEAM dengan model discovery learning tentang system pencernaan pada manusia peserta didik diharapkan mampu menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia serta mampu menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan makanan pangan dan keamanan pangan secara tepat,cermat, teliti dengan sikap jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin, empati, santun, percaya diri, mandiri, berakhlak mulia dan pantang menyerah, serta memiliki sikap berpikir kritis dan kreatif, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik selama proses pembelajaran.



Sains

Fakta:

·                    Zat makanan

·                    Menu Sehat

Konsep

·                    Ciri-ciri zat makanan

·                    Ciri-ciri menu sehat

Prosedural

·                     Langkah-langkah uji makanan

Metakognisi

·                    Menyusun menu sehat

Materi Remedial

            Materi regular yang belum tuntas

Teknologi

·    Menggunakan komputer dan internet untuk mencari informasi dan gambar

·    Menggunakan kamera untuk merekam praktikum

·    Menggunakan softwere untuk mengedit video praktikum

·    Menggunakan media youtube dan LMS untuk mengunggah vidio

Seni

·      Membuat susunan menu secara estetik

·      Membuat tampilan laporan sekreatif mungkin

 

Engineering (EDP)

·    Merancang skenario video praktikum uji makanan

·    Membuat video praktikum uji makanan

Matematika

·      Menghitung waktu dan kecepatan video rekaman

 


Kegiatan Pembelajaran

N O

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Unsur Inovatif

Alokasi Waktu

 

I. Pendahuluan

 

20 menit

 

1.                 30 menit sebelum pembelajaran guru memberikan link zoom kepada peserta didik melalui wa group ataupun announcement di LMS https://smansabar.melajah.id/

2.              Melalui zoom, guru menyapa peserta didik melalui fasilitas zoom dengan menyampaikan salam, memimpin doa.

3.              Melalui zoom, guru bersama peserta didik menyanyikan 1 buah lagu wajib nasional.

4.              Peserta didik melakukan absensi melalui LMS https://smansabar.melajah.id/;

 

Kegiatan Apersepsi

1.       Guru membuka pelajaran dengan memberikan apersepsi melalui zoom dimana guru menjelaskan mengenai mekanisme pembelajaran hari ini yang mana nanti akan menggunakan zoom dan LMS https://smansabar.melajah.id/;

2.       Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai mekanisme pembelajran hari ini dan bertanya bila kurang jelas

3.       Guru menyampaikan KI, KD, IPK dan tujuan pembelajaran

4.       Guru mengelompokkan peserta didik ke dalam beberapa kelompok heterogen dimana 1 kelompok terdiri dari 4 orang peserta didik.

 

·      Nilai PPK: Nasionalisme Religius, Disiplin, jujur.

·      Neuroscience tahap Pra Pembelajaran

·      Communicatio n, Critical thinking (keterampilan 4C)

·      Integrasi ICT

 

 

2.Kegiatan Inti

 

60 menit

 

Memberi Rangsangan (Stimulation)

1.        Guru memberi stimulus dengan mengirimkan video yang berhubungan dengan makanan 4 sehat 5 sempurna dan sarapan  lewat presentasi zoom. Link https://www.youtube.com/watch?v=j2uVFl6CgiY dan https://www.youtube.com/watch?v=boLgZH2fWJ0

2.       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan tanggapan daripada video yang disimak

3.       Peserta didik menanggapi berdasarkan video yang ditonton dengan   mengangkat tangan (raise hands up di zoom)

4.       Guru mengarahkan tanggapan siswa agar sesuai dengan materi yang akan dibahas

 

Mengidentifikasi masalah (Problem Statement)

1.  Guru memberikan pertanyaan arahan kepada peserta didik,”supaya tubuh kita memperoleh gizi yang seimbang maka kita dianjurkan makan menu makanan yang sehat dan memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Misalnya nasi dilengkapi dengan sayur  bayam, lauk tahu, buah apel dan minum susu. Coba bantu bapak, Mengapa kita harus makan dengan menu yang lengkap?

2.  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan zat makanan

3.  Peserta didik diminta merumukan pertanyaan yang mengarah ke praktikum uji makanan. Contoh pertanyaan “ siapa yang tadi sarapannya dengan lauk tahu?apa kandungan didalam tahu? Apakah kandungan didalam tahu sama dengan nasi?”

4.  Peserta didik diminta untuk membuat jawaban sementara atas pertanyaannya dalam bentuk table

5.  Guru mengarahkan peserta didik membuktikan jawaban mereka dengan melakukan percobaan uji makanan. “Untuk menjawab pertanyaan itu, anak-anak lakukan percobaan di LKPD 1 yang sudah bapak kirimkan melalui LMS https://smansabar.melajah.id/  di menu LKPD uji makanan.”

6.  Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah di LKPD 1. (Peserta didik sudah diberitahukan sebelumnya untuk menyiapkan alat dan bahan untuk melakukan percobaan. Karena secara daring jadi peserta didik hanya melakukan 2 uji zat makanan yakni uji amilum dan lemak di rumah masing-masing karena lebih mudah dilakukan sedangkan uji protein dan glukosa melalui demonstrasi video yang bersumber dari youtube dan bisa diakses dari LMS https://smansabar.melajah.id/.

7.  Guru meminta peserta didik untuk melakukan dan mendokumentasikan langkah-langkah percobaan beserta hasilnya

8.  Setelah selesai melakukan percobaan, guru menyuruh siswa masuk ke LMS https://smansabar.melajah.id/ untuk  menonton video demonstrasi uji makanan untuk bahan kandungan makanan (uji protein dan glukosa) yang tidak dipraktekkan agar lebih paham

9.  Peserta didik mencermati video dari youtube yang ditonton di LMS https://smansabar.melajah.id/

Mengumpulkan data (Data Collection)

1.        Peserta didik mencatat dan mendokumentasikan hasil uji makanan di buku catatan maupun di HP dan mencatat hal-hal penting yang ditemukan dari hasil pengamatan.

2.       Guru memotivasi Peserta didik untuk menggali informasi dari literatur tentang uji zat makanan dan jenis-jenis zat makanan.


·         Nilai PPK: mandiri, percaya diri, berani mengemukaka n pendapat, menghargai pendapat orang lain/ toleransi

·         Communicatio n, Critical thinking, Creative Collaboration (keterampilan 4C)

·         Integrasi ICT

·         Literasi : mencatat informasi, mengamati dan   mencermati kejadian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Untuk lebih terarah, peserta didik diberikan bahan ajar.

4.      Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya mengenai hasil yang diperoleh.

 

Mengolah data (Data Processing)

1.                Guru mempersilahkan Peserta didik menjawab pertanyaan dalam LKPD mengenai uji makanan dan menyusun menu sehat sesuai kebutuhan manusia (dari usia balita, anak-anak, usia produktif, lansia, bapak hamil) dalam bentuk daftar menu makanan. Peserta didik dalam kelompok mampu berkomunikasi dan bekerja sama.

2.              Guru membimbing peserta didik untuk membandingkan hasil pengamatan uji makanan kemudian mengelompokkan jenis-jenis makanan yang diuji ke dalam karbohidrat, lemak, dan protein berdasarkan hasil pengamatan tersebut.

3.              Guru membimbing peserta didik di menu chat LMS https://smansabar.melajah.id/ secara langsung sehingga terjadi interaksi antar peserta didik dengan guru

 

Pembuktian (Verification)

1.                  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat pengelompokan jenis-jenis makanan dan memastikan hasil pengelompokan tersebut berdasarkan dari hasil uji makanan yang telah dilakukan yang dikaitkan dengan peristiwa yang dialami sehari-hari.

2.               Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat apakah pengelompokan tersebut sudah tepat atau belum dengan berdiskusi bersama kelompoknya.

3.               Salah satu kelompok mengemukakan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lain.

 

Menarik Simpulan/ Generalisasi

1.  Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil diskusi dengan diarahkan oleh guru

2.   Guru meluruskan miskonsepsi dan memberikan penegasan konsep-konsep penting.

 

 

 

3.Kegiatan Penutup

 

10 menit

 

 

1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi secara umum pembelajaran yang telah dipelajari.

2.   Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar