Judul LKPD: Menyusun Ekosistem Mini: Pemahaman Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Tujuan:
- Siswa dapat memahami konsep rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
- Siswa dapat mengidentifikasi produsen, konsumen, dan pengurai dalam suatu ekosistem.
- Siswa dapat menjelaskan hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem.
- Siswa dapat membuat model ekosistem sederhana.
Materi Pokok: Ekosistem, Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan, Interaksi dalam Ekosistem
Langkah-langkah Kerja:
- Download Template: Siswa mengunduh template LKPD yang berisi gambar-gambar berbagai jenis makhluk hidup (produsen, konsumen, pengurai), simbol panah, dan kotak kosong untuk membuat diagram.
- Print Template dan Lembar Jawaban: Siswa mencetak template dan lembar jawaban LKPD yang telah disediakan.
- Siapkan Alat: Siswa menyiapkan gunting dan lem untuk memotong dan menempelkan gambar-gambar pada lembar jawaban.
- Potong Gambar: Siswa memotong gambar-gambar makhluk hidup, simbol panah, dan kotak kosong sesuai dengan garis yang telah disediakan.
- Susun Rantai Makanan: Siswa memilih beberapa gambar makhluk hidup dan menyusunnya menjadi sebuah rantai makanan yang logis. Mereka menempelkan gambar-gambar tersebut pada lembar jawaban, menghubungkannya dengan panah untuk menunjukkan aliran energi.
- Buat Jaring-Jaring Makanan: Setelah membuat beberapa rantai makanan, siswa menggabungkan rantai-rantai makanan tersebut menjadi sebuah jaring-jaring makanan yang lebih kompleks.
- Identifikasi Peran: Siswa mengidentifikasi peran masing-masing makhluk hidup dalam ekosistem yang telah mereka buat (produsen, konsumen, pengurai).
- Jelaskan Interaksi: Siswa menjelaskan hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring makanan yang mereka buat, misalnya hubungan predator-mangsa, kompetisi, atau simbiosis.
- Presentasi: Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
- Setelah presentasi silahkan kalian upload hasil LKPD di Gsite kalian di menu tugasnya
UNTUK DOWNLOAD SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar